Social Icons

Sabtu, 15 September 2012

SMADA Menerapkan Sistem SWALIBA

SWALIBA singkatan dari Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Alam. Maksud dari “Berwawasan Lingkungan” adalah disini sekolah menerapkan dimana Seluruh Warga Sekolah akan berpartisipasi langsung dalam menjaga dan melestarikan alam-alam sehingga Warga sekolah seperti menyatu dengan alam. Disini siswa akan dilatih mengendalikan alam saat ini yang kebanyakan sudah rusak. Lalu, apakah teman-teman mengerti tentang “Mitigasi bencana Alam” ? Mungkin di benak teman-teman Mitigasi Bencana Alam seperti kita menanggulani Bencana Alam. Tapi, menurut orang-orang itu sudah betul, namun masih kurang tepat. Yang dimaksud Mitigasi Bencana Alam yaitu disini semua warga sekolah diharap mampu menyiapkan sejak dini tentang penaggulangan dan evakuasi bencana alam yang mungkin terjadi. Sehingga jika suatu saat terjadi bencana alam, kita akan lebih mudah mengevakuasi diri karena hal tersebut telah dipersiapkan sehingga segala kemungkinan yang terjadi bisa dihindari.



Lalu apa hubungannya SMA N 2 Klaten dengan SWALIBA?? Mungkin teman-teman sudah mengetahui hubungan antara kedua hal tersebut. Naah pada tanggal 22 Juni 2011 kemarin, sekolah ini telah resmi sebagai rintisan baru yaitu rintisan Sekolah Berwawasan  Lingkungan dan Mitigasi Bencana Alam atau lebih dikenal dengan sebutan SWALIBA. Nah menarik bukan? Hebatnya lagi, sistem ini baru dijalankan SMAN 2 Klaten dan mendapat predikat sekolah pertama Bewawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Alam se-Jawa Tengah dari ratusan sekolah di Jawa Tengah. Gimanaa hebat banget yahh? Pasti teman-teman ingin sekolah di SMA N 2 Klaten kaan?

Alasan SMA N 2 Klaten menerapkan sistem SWALIBA karena :

  • Sekolah tidak hanya menjadi media kependidikan, tetapi juga sebagai media untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.
  • Menciptakan generasi penerus bangsa yang hebat dan cinta lingkungan.
  • Mewujudkan sikap tangggap dalam mengangani Bencana Alam yang terjadi.
  • Karena SMAN 2 Klaten terletak di kaki Gunung Merapi dan terletak di daerah rawan gempa, maka menerapkan Sistem SWALIBA
Dan masih banyak alasan lainnya. 


Nih aku kasih lihat foto-fotonya...
Cekidooooooooottt...........................!!!!!









Woooooww keren yaa teman :D
Nah, apakah teman-teman ingin masuk ke SMAN 2 Klaten?? Tentu mau dong yaa??
Okee sekiaan dulu yaa ngepost nyaa :)

0 komentar:

Posting Komentar